Sabtu, 03 Januari 2015

Curug Bubrug

    Curug atau air terjun merupakan fenomena alam yang mudah dijumpai di sekitar wilayah Bandung. Karena keanekaragaman tempat wisata itulah Bandung menjadi lokasi favorit bagi banyak orang untuk mengunjungi, melepaskan penat dan lelah dari kebosanan rutinitas harian. Dan Curug Bubrug menjadi salah satu tempat wisata yang layak Anda kunjungi karena eksotismenya, keindahan air terjun, dan kesejukan udara khas Kota Bandungnya.

     Curug Bubrug bisa dijangkau dengan terlebih dahulu berjalan kaki agak masuk dari tempat memarkir kendaraan. Sebelum sampai lokasi, sudah langsung tersaji lipatan lava yang kemudian akan disuguhi dengan hamparan selada air yang menyerupai permadani yang mengambang. Fungsinya ialah sebagai filter air sehingga terlihat kejernihan air disekitar Curug Bubrug tersebut.

     Makin mendekati air terjun, pohon selada air terlihat makin berkurang. Dan semakin dekat, akan semakin jelas suara jatuhan air brug…brug…brug. Dan mungkin karena itulah kemudian air terjun ini dinamakan Air Terjun (Curug) Bubrug. Kondisi airnya sangat jernih dan kondusif untuk berenang atau mandi tepat dibawah jatuhnya air terjun. Kedalamannya mencapai 3-4 meter. Jadi harap hati-hati bagi anak-anak atau orang dewasa yang tak bisa berenang.

     Memang jika dibandingkan dengan Curug Cimahi yang menjadi tetangganya, Curug Bubrug masih kalah tenar. Itulah salah satu penyebabnya, mengapa masih belum banyak orang yang kemudian berkunjung ke curug ini padahal dilihat dari segi potensinya tak kalah dengan Curug Cimahi. Curug ini sendiri berada di ketinggian sekitar 1.050 meter diatas permukaan laut (dpl). Di sekitar curug, terutama di sisi barat terdapat beberapa saung yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai dan menikmati panorama curug dari arah sebelah atas.  Sebuah mushala dan WC sederhana juga berdiri disana.

     Curug Bubrug berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat – Jawa Barat dekat pintu masuk CIC. Koordinat:  6°47'31.62"S; 107°34'48.26"T.



























Lipatan Lava dekat Curug Bubrug. Diambil pada Juni 2014.





























Batuan berlapis dekat Curug Bubrug. Diambil pada Juni 2014.

Jalan setapak menuju Curug Bubrug. Diambil pada Juni 2014.
 
Curug Bubrug. Diambil pada Juni 2014.







































Jernihnya air di Curug Bubrug. Diambil Juni 2014.










































Curug Bubrug. Diambil pada Juni 2014.






























Ladang Saladah dekat Curug Bubrug. Diambil pada Juni 2014.

2 komentar:

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com terimakasih

    BalasHapus
  2. wow, air curugnya masih bersih, mantap tuh

    BalasHapus